telusur.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi meluncurkan program “Indonesia Makin Cakap Digital” pada tahun 2021.
Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat. Untuk meningkatkan skor indeks literasi digital Indonesia ke level baik, Kemenkominfo secara konsisten akan terus menjalankan kegiatan literasi digital.
“Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat agar tujuan peningkatan skor indeks literasi digital dapat tercapai dan peningkatan kecakapan digital tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal," kata Menkominfo Johnny G. Plate, dalam sambutan program Makin Cakap Digital.
Webinar literasi digital yang telah digelar pada Kamis (29/9/22) ditujukan untuk masyarakat di wilayah Sumatra. Tema yang diangkat kali ini yakni “Tips Digital: Membangun Loyalitas Pelanggan via Media Sosial”.
Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.300 orang dari berbagai kelompok masyarakat di wilayah Sumatra. Hadir sebagai narasumber Sukma Nurjagat, Relawan MAFINDO Jakarta & Praktisi Literasi Digital; Syarif Maulana, Business Consultant & Praktisi Literasi Digital; serta Virna Lim, Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia & Praktisi Literasi Digital.
Dalam webinar tersebut, Syarif Maulana membahas tips membangun loyalitas pelanggan via media sosial ditinjau dari perspektif cakap digital. Menurutnya, ada empat tips membangun loyalitas pelanggan.
"Pertama, jadikan pelanggan Anda member yang akan memberikan banyak keuntungan kepada pelangggan. Kedua, lakukan analisa data pelanggan. Ketiga, selalu menginformasikan produk baru dan promo kepada pelanggan yang sering membeli produk Anda. ke empat. Beri perhatian lebih kepada pelanggan yang melakukan pembelian dengan frekuensi yang sering dan dalam jumlah besar," ucap Syarif.
Virna Lim memperkaya pembahasan mengenai tips membangun loyalitas pelanggan via media sosial ditinjau dari perspektif etika digital. Komunikasi dan pelayanan akan menjadi hal yang penting dalam mendukung membangun loyalitas pelanggan. Kata dia, ada tiga tips yang dapat kita lakukan untuk tetap beretika dalam melayani dan berkomunikasi dengan pelanggan.
"Pertama, selalu memberikan sapaan setiap kali memulai percakapan dengan konsumen. Kedua, gunakan kalimat dan bahasa yang sopan setiap kali berkomunikasi dan melayani pelanggan. Terakhir,selalu memberikan respon yang cepat setiap kali ada komplain dan pertanyaan dari pelanggan," jelas Virna.
Sementara itu, Sukma Nurjagat menjelaskan, mengenai tips membangun loyalitas pelanggan via media sosial ditinjau dari perspektif keamanan digital. Dia menyebut ada tiga aktivitas sederhana yang dapat dilakukan menjaga keamanan perangkat.
"Pertama, tidak sembarangan memberikan informasi data pelanggan kepada pihak luar. Kedua, tingkatkan keamanan sistem dengan melakukan pembaharuan password secara berkala. Terakhir, tidak sembarangan dalam klik link yang bersumber bukan dari sumber yang jelas dan terpercaya," ujar Sukma Nurjagat. (Tp)