Agar Branding di Media Sosial Lebih Efektif, Simak Tips Berikut Ini - Telusur

Agar Branding di Media Sosial Lebih Efektif, Simak Tips Berikut Ini

Webinar Kominfo "Tips Digital: Branding di Media Sosial"

telusur.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi meluncurkan program “Indonesia Makin Cakap Digital” pada tahun 2021.

“Dalam perjalanannya program literasi digital telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 515 kabupaten dan kota di 34 provinsi. Kegiatan ini berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital," ujar Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abriijani Pengerapan.

Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat. Untuk meningkatkan skor indeks literasi digital Indonesia ke level baik, Kemenkominfo secara konsisten akan terus menjalankan kegiatan literasi digital.

“Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat agar tujuan peningkatan skor indeks literasi digital dapat tercapai dan peningkatan kecakapan digital tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal," kata Menkominfo Johnny G. Plate, dalam sambutan program Makin Cakap Digital.

Kominfo kembali melakukan webinar literasi digital untuk komunitas di wilayah Maluku, Papua, pada hari Kamis, 20 Oktober 2022, pukul 10.00 - 12.00 WIT. Webinar mengangkat tema “Tips Digital: Branding di Sosial Media”.

Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.200 orang dari berbagai kelompok masyarakat di wilayah Maluku dan Papua. Hadir sebagai narasumber Pradipta Nugrahanto, CEO & Co-founder Paberik Soeara Rakjat; Rizky Ardi Nugroho, Entrepreneur & Podcaster serta Praktisi Literasi Digital; Tio Utomo, Market Editor at FIFA +.

Dalam webinar tersebut, Pradipta Nugrahanto membahas tips branding di sosial media ditinjau dari perspektif cakap digital. Kata dia, terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan personal branding melalui sosial media.

"Pertama, perlu dikenali karakteristik sosial media yang akan digunakan. Kedua, perlu dikenali perilaku target audiens dari platform sosial media yang dipilih. Ketiga, jalankan personal branding campaign secara konsisten. Terakhir, lakukan evaluasi atas personal branding campaign secara konsisten," ujar Pradipta.

Kemudian Rizky Ardi Nugroho membahas mengenai tips branding di sosial media ditinjau dari perspektif etika digital. Menurutnya, branding merupakan sebuah aktivitas untuk menciptakan kesan positif diri kita terhadap orang lain.

"Dengan branding kita dapat terlihat lebih baik, lebih profesional dan lebih meyakinkan dibandingkan orang lain. Dalam membangun branding memerlukan waktu dan usaha serta etika di dalamnya. Dengan etika, kesan baik itu akan lebih tersampaikan secara tepat karena dapat tercermin dari tindakan kita di ruang digital," kata Rizky.

Lebih jauh Rizky memaparkan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar terlihat lebih etis dan baik dalam menggunakan sosial media.

"Pertama, jangan pernah mendistribusikan konten negatif. Kedua, selalu membuat dan menyebarkan konten positif dan bermanfaat. Terakhir, jangan pernah melakukan hate speech," jelasnya.

Lebih jauh Tio Utomo membahas mengenai tips branding di sosial media ditinjau dari perspektif keamanan digital. Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan agar aman bermedia digital.

"Pertama selalu cek keaslian data email link website. Kedua, berikan watermark pada konten Anda. Terakhir, selalu perbarui password Anda,” ujar Tio. (Tp)


Tinggalkan Komentar