Pemasaran Melalui YouTube, Perhatikan Hal Ini agar Makin Efektif - Telusur

Pemasaran Melalui YouTube, Perhatikan Hal Ini agar Makin Efektif

Webinar Kominfo “Konsep Bisnis Digital: Pemasaran Melalui YouTube”

telusur.co.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi meluncurkan program “Indonesia Makin Cakap Digital” pada tahun 2021.

“Dalam perjalanannya program literasi digital telah berhasil menjangkau lebih dari 12 juta masyarakat di 515 kabupaten dan kota di 34 provinsi. Kegiatan ini berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan yang diukur berdasarkan empat pilar digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital," ujar Dirjen Aptika Kominfo, Samuel Abriijani Pengerapan.

Kemenkominfo akan terus meningkatkan pencapaian tersebut dengan menyasar kelompok-kelompok strategis di masyarakat. Untuk meningkatkan skor indeks literasi digital Indonesia ke level baik, Kemenkominfo secara konsisten akan terus menjalankan kegiatan literasi digital.

“Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat agar tujuan peningkatan skor indeks literasi digital dapat tercapai dan peningkatan kecakapan digital tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal," kata Menkominfo Johnny G. Plate, dalam sambutan program Makin Cakap Digital.

Kemenkominfo bersama Siberkreasi kembali menyelenggarakan webinar untuk wilayah Sumatra pada Kamis (17/11/22). Webinar kali ini mengangkat tema “Konsep Bisnis Digital: Pemasaran Melalui YouTube”.

Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.300 orang. Hadir dalam webinar Lusi Ayu Daningsih, Duta Kampus UNPI Cianjur & Praktisi Literasi Digital; Denisa Nur, Head of RnD Urban Sakola & Praktisi Literasi Digital; serta Aji Kresno, Ketua Program Studi Manajemen Pemasaran Politeknik APP Jakarta & Praktisi Literasi Digital, sebagai narasumber.

Dalam webinar tersebut, Lusi Ayu Daningsih membahas mengenai konsep pemasaran melalui YouTube ditinjau dari perspektif kecakapan digital. Kata dia, ada tiga jenis konten yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemasaran melalui YouTube.

"Pertama, konten audiovisual. Kedua, konten short. Ketiga, Iklan/Banner Virtual," kata Lusi Ayu.

Denisa Nur dalam webinar membahas mengenai konsep pemasaran melalui YouTube dari perspektif etis digital. Dia mengingatkan ada tiga etika yang perlu yang perlu dipahami dalam membuat konsep pemasaran melalui YouTube.

"Pertama, tidak boleh menggunakan konten atau foto produk orang lain. Kedua, jangan memberikan informasi palsu. Terakhir, selalu memberikan informasi yang bermanfaat kepada konsumen," ujar Denisa.

Lebih jauh Aji Kresno melengkapi pembahasan mengenai konsep pemasaran melalui YouTube ditinjau dari perspektif pilar aman digital. Menurutnya, ada tiga tips sederhana yang dapat dilakukan untuk melindungi akun YouTube dari kejahatan digital.

"Pertama, tidak sembarangan membuka link atau web yang bukan dari sumber yang terpercaya. Kedua, selalu menggunakan watermark setiap kali memposting konten ke ruang digital. Terakhir, tidak sembarangan memberitahukan kode OTP dan selalu memperbarui password akun toko online Anda," papar Aji. (Fhr)


Tinggalkan Komentar