Ekonomi Jawa Timur Tumbuh, TPK Lamong Bukukan Rekor Arus Peti Kemas Tertinggi - Telusur

Ekonomi Jawa Timur Tumbuh, TPK Lamong Bukukan Rekor Arus Peti Kemas Tertinggi

Terminal Petikemas Lamong (TPK Lamong), salah satu terminal yang dioperasikan oleh PT Terminal Teluk Lamong (TTL), membukukan kinerja tinggi pada bulan Agustus 2025. Foto: Istimewa.

telusur.co.id -Terminal Petikemas Lamong (TPK Lamong), salah satu terminal yang dioperasikan oleh PT Terminal Teluk Lamong (TTL), membukukan kinerja tinggi pada bulan Agustus 2025. Pada periode Januari hingga Agustus 2025, TPK Lamong melayani bongkar muat peti kemas sebanyak 608.867 TEUs, meningkat 4,7% dibandingkan periode yang sama pada 2024 sebesar 581.525 TEUs.

Pada Agustus 2025, tercatat arus peti kemas mencapai 87.416 TEUs, tumbuh 4% dibandingkan Juli 2025 sebesar 83.743 TEUs. Capaian ini menjadi rekor tertinggi arus peti kemas selama periode tahun 2025, sekaligus melampaui pencapaian pada tahun-tahun sebelumnya.

Peningkatan arus di bulan Agustus 2025 ini ditopang oleh banyaknya ad hoc call dan new service kapal peti kemas internasional, serta kenaikan arus domestik, khususnya dari layanan rute Belawan dan Tarakan.

Pertumbuhan arus peti kemas di TPK Lamong tidak hanya mencerminkan meningkatnya kepercayaan pengguna jasa, tetapi juga sejalan dengan tren positif perekonomian regional. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian Jawa Timur tumbuh sebesar 5,23% (YoY) pada Triwulan II 2025. Pada periode yang sama, sektor transportasi dan pergudangan mencatatkan pertumbuhan signifikan sebesar 9,32%.

Kondisi ini menegaskan bahwa layanan terminal yang dioperasikan TTL mendapatkan momentum dari penguatan ekonomi dan aktivitas industri di Jawa Timur.

Pierre Rochel Tumbol, Terminal Head TPK Lamong, menegaskan komitmen terminal untuk konsisten memberikan layanan unggul yang didukung oleh digitalisasi di seluruh lini proses.

“Digitalisasi serta penerapan pola operasional berbasis perencanaan dan pengendalian merupakan cara efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja terminal sekaligus memberikan pengalaman layanan terbaik kepada pengguna jasa,” ungkapnya.

Dalam mewujudkan digitalisasi layanan dan tata kelola perusahaan yang baik, PT Terminal Teluk Lamong mendukung penuh terminal-terminal di bawah pengelolaannya dengan menyelenggarakan kegiatan Awareness Fundamental Framework COBIT 2019.

Kegiatan ini diikuti oleh jajaran manajemen dan pegawai TTL untuk memperkuat pemahaman mengenai tata kelola teknologi informasi (TI), penyelarasan TI dengan strategi bisnis, serta pengelolaan risiko di bidang TI. Melalui kegiatan ini, TTL memperoleh kerangka kerja komprehensif dalam tata kelola TI yang mendukung pencapaian tujuan strategis perusahaan, khususnya dalam mewujudkan layanan yang lebih prima.


Tinggalkan Komentar