telusur.co.id - Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin menyampaikan, kendala yang dialami pengguna layanan TransJakarta perihal kejadian double deduct pada tap in dan tap out semakin
berkurang, sejalan dengan perbaikan teknis dan sistem yang dilakukan oleh JakLingko di lapangan.
Kamal mengatakan, Per-4 Oktober (awal implementasi) sampai dengan hari ini, tercatat 1.338 keluhan pengguna layanan TransJakarta yang dilaporkan pada JakLingko Customer Care dan teridentifikasi pada database transaksi di JakLingko Indonesia.
"Total refund (pengembalian uang) yang berhasil dikembalikan sejumlah 3464 transaksi senilai total Rp 11.640.000, untuk para pengguna tersebut. Jumlah refund lebih besar dari keluhan dikarenakan, ada beberapa pengguna yang mengalami lebih dari satu kali kejadian double deduct di Transjakarta,” kata Kamal dalam keterangan resminya, Selasa (15/11/22).
Kamal mennuturkan, setiap harinya laporan terkait hal tersebut, yang tercatat di JakLingko Customer Care semakin sedikit kurang dari 20 laporan per hari, dan laporan yang masuk mayoritas pelanggan memfollow-up proses refund atas laporan mereka sebelumnya.
"Oleh karenanya, kami mohon agar pelanggan bersabar, karena seluruh permohonan refund yang berhasil terverifikasi akan diproses pengembaliannya sesuai antrian," ujar Kamal.
PT JakLingko Indonesia akan terus melakukan penyempurnaan integrasi sistem yang beragam dan terus berkoordinasi dengan TranJakarta .
Saat ini, sistem integrasi JakLingko setiap harinya melakukan pemrosesan rata-rata 362.551 dari tiga operator (Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta), dan terkait kejadian double deduct ini tidak pernah terjadi di operator MRT Jakarta dan LRT Jakarta.
"Selanjutnya, jika masih ada pelanggan yang mengalami kejadian double deduct, mohon dapat segera
melaporkannya ke JakLingko Customer Care pada nomor 0812-6000-1440," ucap Kamal
Apabila kejadian tersebut diverifikasi terjadi, maka pelanggan berhak mendapatkan refund atas transaksi tersebut melalui tiga pilihan cara pengembalian yaitu: melalui aplikasi JakLingko, transfer bank, atau transfer dompet elektronik. [Fhr]